Tidak sedikit usaha kecil dan menengah (UKM) kesulitan mengembangkan pasar, jaringan, dan meraih permodalan dari lembaga keuangan resmi dan gerak gerik usaha mereka terbatasi.

Mereka tidak bisa membuka cabang baru, membangun pola kemitraan (partnership), berhubungan dengan pemerintah, apalagi bertemu dengan orang bank syariah.

Kenapa demikian?

Sebab, usaha mereka dijalankan tanpa izin usaha. Mirip kendaraan yang tidak dilengkapi STNK, SIM, atau BKPB, sehingga tidak leluasa untuk kesana dan kesini.

Sebagian besar usaha kecil belum memiliki status badan hukum. Mayoritas UKM merupakan perusahaan perorangan yang tidak berakta notaris, 4,7% tergolong perusahaan perorangan berakta notaris, dan hanya 1,7% yang sudah mempunyai badan hukum (PT/NV, CV, firma, atau koperasi).

Untuk membesarkan usaha, suka tidak suka, anda harus memiliki izin usaha. Ada beberapa manfaat bila usaha anda memiliki izin :

Anda memiliki kepastian berusaha

Pada intinya, kepastian itu sangat penting bagi seorang pengusaha, termasuk kepastian status berusaha. Tanpa kepastian status usaha, anda tidak mungkin dapat berpikir tenang untuk memajukan usaha Anda.

Maklum, sewaktu-waktu usaha anda dapat “digusur” oleh pihak yang berwenang. Itu sebabnya, anda membutuhkan perlindungan hukum dengan melegalkan usaha anda.

Memudahkan anda bersinergi 

Pada intinya,pihak-pihak yang berkepentingan dengan usaha anda seperti pemasok, distributor, agen, mitra bisnis, pembeli, pemodal, lebih merasa nyaman dan aman berhubungan bisnis dengan pengusaha yang memiliki usaha yang memiliki izin resmi.

Bila anda ingin bermitra, melakukan akuisisi, penyertaan modal, dan kegiatan ekspansi bisnis lainnya, legalitas usaha sangat dibutuhkan. Tidak mungkin mitra bisnis mau diajak bekerja sama dengan usaha yang tidak jelas status hukumnya.

Membuat manajemen usaha lebih sehat

Dengan memiliki izin, masyarakat diberi ruang untuk dapat mengawasi secara langsung atau tidak langsung atas usaha anda.

Mudah mendapatkan pembinaan dari pemerintah

Usaha anda unik, menguntungkan, menyerap pengangguran cukup banyak, memiliki pasar yang bagus, menarik perhatian  khalayak, dan lain sebagainya. Namun sejumlah kelebihan itu tidak menunjukan bahwa anda akan mudah mendapatkan dukungan pembinaan dari pemerintah bila anda tidak memiliki izin usaha.

Dengan adanya izin usaha, anda dapat juga mengikuti pameran diluar maupun didalam negeri dan mendapatkan bimbingan lainnya. (RC)