Tidak semua masalah bisnis diatasi dengan menggunakan alat-alat ekonomi perilaku. Sehingga sebelum menerapkannya, para manajer perlu menentukan apakah perialku manusia-lah yang menjadi inti masalahnya.

Masalah-masalah tertentu, misalnya kelelahan dalam diri pegawai, bisa diatasi dengan mengubah cara mereka menerima dan menanggapi sebuah situasi.

Masalah lain memiliki sifat yang lebih fundamental dari sudut pandang teknologi, misalnya kurangnya pengetahuan ilmiah yang dibutuhkan untuk menciptakan obat baru untuk mengobati sebuah penyakit.

Masalah-masalah ini tidak mungkin dipecahkan dengan menerapkan alat-alat ekonomi perilaku kecuali mengatasi semua itu melibatkan perubahan perilaku manusia (misalnya mendorong tim ilmuwan untuk membagikan penemuan mereka dalam mengembangkan obat-obatan).

Orang-orang bertindak dalam cara yang berlawanan dengan kepentingan mereka sendiri. Mayoritas alat ekonomi perilaku itu dengan bertahap memandu orang memilih opsi-opsi yang ada.

Semua alat itu akan lebih efektif dalam situasi-situasi yang di dalamnya mereka mendorong orang untuk berganti dari pilihan-pilihan yang berlawanan dengan minat mereka dengan minat-minat yang lebih selaras dengan mereka. (ap)