Sebagian entrepreneur lebih menghabiskan waktu mereka untuk berbicara. Mungkin karena pendanaan dianggap sebagai hal yang penting dalam perkembangan startup mereka sehingga mereka kemudian menjadi piawai dalam presentasi di depan banyak orang.

Tidak ada yang salah dengan itu. Startup memang perlu pendanaan tetapi jangan lupa untuk mendengarkan lebih banyak lagi karena Anda juga ingin menemukan kesesuaian antara produk dan pasar yang Anda bidik.

Tanpa sebuah model bisnis yang terbukti efektif, Anda masih berada dalam risiko kehilangan peluang yang muncul dari hanya dengan membuka telinga dan mendengar apa yang dikatakan orang.

Saat kita menjelajahi berbagai peluang untuk menemukan ide produk yang bagus, kita melakukan wawancara dengan sejumlah konsumen tanpa pernah menyebutkan solusinya.

Tujuannya adalah untuk bisa memahami lebih baik konsumen potensial dan dunia mereka, untuk menemukan apakah masalah yang ingin kita pecahkan juga masalah yang mereka hadapi pula.

Memperkenalkan sebuah solusi di awal bisa memicu percakapan terlalu banyak dan itu artinya peluang bisa hilang.

Menurut entrepreneur Richard Branson, seorang entrepreneur harus menjadi pemimpin yang baik. Dan caranya ialah dengan menjadi pendengar yang baik.

Meskipun angka penjualan menjadi sandaran bagi banyak startup, poin terpenting ialah bagaimana benar-benar memahami masalah konsumen Anda sebelum menjual pada mereka. (ap)