Makin banyak perusahaan yang menggunakan ruang kantor mereka untuk mendorong munculnya inovasi dan kolaborasi di antara para pegawainya.

Untuk mendesain kantor Anda agar bisa meningkatkan budaya perusahaan, memperbaiki alur kerja dan kepuasan pelanggan, pikirkan tetang bagaimana memenuhi kebutuhan mereka.

Mulailah dengan beberapa poin berikut ini. Pertama, langsunglah menuju ke sumbernya. Gunakan intranet dalam perusahaan atau alat komunikasi internal lainnya sebagai cara bagi semua pegawai untuk melontarkan pertanyaan yang sukar atau memberikan opini mengenai lingkungan kantor Anda.

Kedua, hasilkan data lebih banyak. Manfaatkan waktu-waktu saat beban kerja mencapai puncak dan pikirkan mengenai bagaimana ruang kantor Anda bisa mendorong berkembangnya kolaborasi lintas bagian selama waktu tertentu yang dirasa tepat.

Optimalkan ruang yang paling banyak dikunjungi dan perbaikilah apa yang masih kurang sempurna dalam ruangan pertemuan perusahaan. Bar kopi, meja yang bisa dipakai siapa saja dan ruangan yang tenang bisa jadi merupakan penggunaan ruangan yang lebih produktif daripada ruang pertemuan yang sangat jarang dipakai.

Yang terakhir adalah menggabungkan teknologi. Teknologi dalam ruang konferensi bisa memungkinkan pegawai mengetahui waktu kosongnya ruangan.

Mereka juga bisa mengetahui daftar reservasi ruangan dan agenda pertemuan yang penting, sehingga memudahkan orang lain untuk bertemu dan berinteraksi. (Max Chopovsky/Akhlis)