Kita semua terhubung satu sama lain dalam bekerja. Riset menunjukkan bahwa perasaan kompak bisa meningkatkan motivasi, keterlibatan dan kinerja karyawan dan atasan di sebuah perusahaan.

Namun, ironisnya meskipun kita semua memiliki tujuan bersama dan dinilai berdasarkan tingkat kinerja secara keseluruhan, hanya sedikit dari kita yang sebenarnya benar-benar bekerja dalam tim secara kompak.

Betul bahwa proyek-proyek diselesaikan dalam lingkup tim namun sebagian besra pekerjaan yang kita lakukan saat ini dilakukan secara soliter, atau terpisah.

Akan tetapi ada cara yang efektif untuk membuat pegawai kita merasa bahwa mereka bekerja secara kompak dan solid dalam sebuah tim bahkan saat mereka secara teknis bekerja di tempat terpisah.

Cukup katakan kata “bersama”. Kata ini sangatlah kuat dalam memberikan isyarat sosial pada otak manusia yang menunjukkan bahwa seseorang berada dalam kebersamaan, kaitan dan suasana saling percaya. Para manajer dan pimpinan bisnis seharusnya menggunakan kata ini dengan lebih sering dalam pidato dan sambutan serta briefing mereka.

Dengan mengulang-ulang bahwa Anda dan para pegawai bekerja keras untuk mewujudkan sebuah tujuan bersama, mereka akan bersama-sama mengetahui bahwa mereka tidak sendirian dan akan terdorong untuk melakukan yang terbaik. (Heidi Grant/Akhlis)