Usaha-usaha kecil rintisan mulai semarak mewarnai kehidupan dunia bisnis tanah air. Baik menawarkan produk berupa barang atau jasa, umumnya usaha kecil rintisan itu dikelola berdasarkan skala rumah tangga dengan rumah sebagai basis industrinya.

Bila Anda tertarik untuk terjun dalam bisnis skala rumah tangga ini, ada baiknya ketahui serangkaian fakta mengenainya. Mengapa demikian?

Sebab, ada banyak kesalahpahaman yang beredar di masyarakat khususnya di kalangan khalayak yang tergolong awam dalam dunia entrepreneurship mengenai usaha yang dijalankan dari rumah tersebut.

Berikut adalah 4 mitos seputar bisnis skala rumah tangga.

Semua orang bisa merintis bisnis skala rumah tangga

Memang benar semua orang bisa merintis sebuah usaha berskala rumah tangga namun kenyataannya adalah tak semua pelaku usaha itu mampu meraih sukses.

Mengapa bisa begitu? Walau bisnis ini kecil dan bisa dikelola di rumah namun realisasinya tak semudah perkiraan banyak orang.

Jadi, sebelum memutuskan untuk terjun ke dalamnya, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda benar-benar mengetahui dengan pasti seluk beluk usaha yang akan dirintis itu dan raih puncak kesuksesan dengan kerja semaksimal mungkin terlebih di tahun pertama masa perintisan agar bisa survive.

Perlu diingat, untuk menjadi seorang miliarder dengan usaha yang dirintis dari nol tak hanya bisa dilakukan dalam sehari.

Tidak butuh biaya

Merintis bisnis pasti membutuhkan biaya, kecuali bila usaha Anda bergerak di bidang jasa. Biaya mungkin sama sekali tak dibutuhkan seperti pengalaman Emily Suess berikut.

Ia adalah penulis lepas di Indianapolis, AS, yang meluncurkan bisnis virtualnya tanpa membutuhkan biaya sepeserpun dalam merintisnya.

Mengapa? Sebab, ia bisa mengelola bisnisnya di rumah dengan laptop dan koneksi internet yang memang sudah dimilikinya. Satu-satu hal yang dibutuhkannya kala merintis bisnis rintisan berskala rumah tangga tersebut adalah klien.

Lain halnya jika Anda menawarkan produk berupa barang. Anda akan membutuhkan uang untuk membeli perlengkapan dan pasokan bahan.

Misalnya membuka warung makan di rumah, tentunya Anda butuh modal yang cukup untuk menyiapkan peralatan, bahan, membayar upah pegawai dan lain sebagainya.

Nah, pertanyaannya sekarang adalah bisakah merintis bisnis meski tak memiliki modal sama sekali?

Tentu saja bisa. Anda cukup membuat business planning dan mempunyai passion tinggi terhadap usaha yang ingin Anda kelola tersebut sebagai modal untuk mencari investor yang tepat.

Bisa hasilkan uang dari bisnis online meski sambil tidur

Sebenarnya hal itu bukannya tak mungkin terjadi. Tetapi, dan sekali lagi perlu diperhatikan, hal tersebut akan tercapai namun perlu waktu bisa dua-tiga tahun atau bahkan mungkin bertahun-tahun setelah merintis bisnis atau dengan kata lain bila Anda telah sukses besar.

Saat memulai bisnis online walau berskala rumah tangga sekalipun, Anda harus tetap bekerja keras untuk membuat usaha itu stabil, lalu membangun reputasi agar konsumen tak lari, menjaring relasi sebanyak-banyaknya untuk kredibilitas Anda serta usaha dan sebagainya.