3 Tantangan Yang Harus Diatasi Pengusaha

Tantangan Pengusaha

Banyak yang gagal bahkan untuk memulai bisnis. Mungkin karena pengusaha kurang belajar untuk mengatasi rintangan yang tak terelakkan. Jika Anda merasa terbebani, penting bagi Anda untuk mengenali bahwa Anda tidak sendirian dalam perjuangan Anda. Anda bisa dan harus belajar dari orang lain yang telah mengalami hal yang sama.

Berikut ini 3 tantangan yang harus di hadapi pengusaha :

  1. Hindari kelelahan

Hasrat yang besar untuk menjadi pengusaha juga bisa jadi sumber kejatuhan kita. Banyak dari kita mencurahkan waktu, uang, semangat dan energi untuk usaha setiap hari bahkan dari pagi sampai larut malam hanya untuk mengerjakan pekerjaan.

Padahal anda dapat memanfaat perangkat lunak berbasis cloud untuk membantu memberi lebih banyak kesempatan untuk berlibur, daripada anda harus melakukan semua setiap hari. Banyak pengusaha menggunakan peraturan 80/20 saat berlibur. 80% waktu dipersembahkan untuk relaksasi, dan 20% dihabiskan untuk bekerja.

Apapun solusi yang Anda pilih, penting untuk mengatur waktu untuk bersantai, benar-benar refresh ulang pikiran Anda dan mempertahankan pola pikir yang sehat. Jika Anda tidak menjaga kesehatan mental Anda, bisnis Anda pada akhirnya banyak yang gagal.

  1. Melacak arus kas

Arus kas adalah sumber kehidupan bisnis kecil apa pun bidangnya. Padahal, manajemen cash flow yang buruk merupakan salah satu alasan utama bisnis gagal. Melacak arus masuk arus kas masuk dan arus keluar mungkin bukan bagian yang paling mudah dalam menjalankan bisnis kecil, namun ini adalah yang membedakan antara pengusaha baik dan tidak.

Membuat rencana pengelolaan arus kas yang jelas sangat penting untuk memastikan kelangsungan hidup bisnis Anda. Untungnya, Anda dapat memanfaatkan salah satu dari banyak solusi terjangkau untuk menyelesaikan masalah ini.

Sotfware Akuntansi Online dapat membantu Anda melacak keuangan dan mendapatkan pembayaran lebih cepat. Jika anggaran Anda memungkinkan, pertimbangkan juga dengan melibatkan akuntan atau pemegang buku (bookkeeper).

Dengan bantuan mereka, akan membantu anda dalam memantau keungan bisnis kapanpun sehingga anda bisa tidur lebih nyenyak di malam hari. Dan itu tak ternilai harganya. Dan ini sudah saya rasakan sendiri betapa keuangan yang tertata rapi membuat kita lebih tenang dalam menjalankan bisnis.

  1. Meningkatkan modal

Pada saat-saat penting dalam bisnis Anda, Anda harus mengumpulkan dana sehingga Anda dapat berinovasi dan berkembang. Jika Anda adalah pengusaha pemula, Anda seringkali akan berada dalam posisi yang kurang menguntungkan karena Anda tidak memiliki jaringan yang banyak atau sumber pendapatan dari usaha sebelumnya.

Sementara banyak orang menganggap hanya pinjaman bank, crowdfunding & dana investor yang dapat menawarkan aliran dana segar untuk bisnis anda. Padahal tidak semua pilihan tersebut akan tepat untuk bisnis Anda, jadi perlu melakukan penelitian untuk mengetahui mana yang paling sesuai.

Lihat juga

Brand Privacy

3 Cara Meningkatkan Brand Online Dengan Peduli Privasi

Tidak ada yang namanya makan siang gratis. Saat konsumen menggunakan layanan gratisan seperti Google dan …