Salah satu tugas pemimpin bisnis adalah untuk membuat para karyawan yang ia bawahi agar mengetahui kesalahan atau kegagalan Anda. Namun, jika Anda tidak cermat dalam penyampaian, dampaknya malah akan merugikan Anda sendiri dan perusahaan.

Orang umumnya menanggapi dengan lebih kuat pada kritik daripada pujian & sanjungan, sehingga sebelum Anda memberitahukan pada seseorang apa yang Anda sudah lakukan salah, ambilah tindakan-tindakan pencegahan seperti ini:

1. Pertimbangkan masak-masak segala konsekuensinya
Anda memberikan informasi yang berguna namun Anda juga menanggung risiko membuat semangat karyawan melemah dan memperburuk suasana hatinya.

Jika suatu kesalahan begitu tidak signifikan sehingga nilai pembetulan itu begitu rendah, mungkin akan lebih masuk akal bagi Anda untuk menyimpan dulu masukan itu bagi diri Anda.

2. Jaga nada bicara agar tetap positif dan kolaboratif
Jelaskan padanya bahwa karyawan Anda masih mendapatkan dukungan dan respek dari Anda sebagai atasan mereka.

3. Bantulah mereka mendapatkan pola pikir yang sesuai
Mulailah dengan mengatakan,”Mari saya berikan Anda beberapa masukan.” Persiapan emosional bagi karyawan untuk apa yang Anda akan katakan mungkin dapat membantunya untuk lebih menerima masukan dan tidak bersikap defensif. (hbr/ap)