Jika Anda Memulai Bisnis, Apa Yang Pertama Dilakukan?

memulai bisnis

Beberapa pengusaha memulai menjalankan usaha kecil saat masih muda dan ada juga yang baru saja belajar memulainya. Beberapa diantaranya memulai bisnis karena tidak punya pilihan.

Mungkin mereka dipecat dan harus pindah tempat tinggal. Atau mungkin mereka dipaksa oleh keadaan untuk memulai bisnis mereka sendiri.

Ada juga yang hanya memiliki hasrat akan ide atau visi yang ingin mereka terapkan.

Artikel ini diperuntukkan bagi orang-orang yang memiliki keinginan bahwa mereka ingin menjadi pengusaha tapi tidak tahu bagaimana mewujudkan keinginan tersebut. Mereka tidak tahu bagaimana memulai sesuatu.

Saya bertemu banyak orang yang memiliki keinginan mendalam untuk melakukan sesuatu yang berbeda, tapi mereka tidak yakin apa dengan hal itu

Saya pikir langkah pertama sebelum memulai perjalanan bisnis, mungkin sedikit belajar tentang kewiraswastaan melalui pengusaha yang sudah lebih dahulu memulai bisnis.

Selain itu, rajin membaca buku atau artikel tentang pengusaha bisa memberi gambaran sekilas tentang bagaimana rasanya hidup di dunia usaha itu, sehingga bisa timbul keinginan untuk membangun usaha sendiri.

Cara lain untuk melihat sekilas dunia usaha adalah bekerja untuk pengusaha dan mencicipi gaya hidup menjadi “karyawan mereka”. Ini memiliki manfaat tambahan karena Anda dapat mempelajari cara yang benar dan salah dalam melakukan sesuatu dalam kewiraswastaan.

Titik awal lainnya adalah mencoba memikirkan apa yang Anda sukai dan apa yang mudah terjadi pada Anda. Hal-hal yang mudah terjadi pada Anda biasanya adalah hal-hal yang Anda sukai.

Pikirkan hal-hal yang ingin Anda lakukan. Misalnya, Anda mungkin bukan akuntan, tapi mungkin Anda senang bekerja dengan angka. Adakah aktivitas yang Anda nikmati tersebut yang bisa diterapkan ke bisnis? Menulis, kursus, privat, dll.

Cobalah!

Mulailah sesuatu – apa saja – di mana Anda bisa belajar tentang kewiraswastaan. Anda akan terkejut betapa Anda akan belajar dari usaha pertama yang Anda mulai.

Mulailah bisnis dengan modal rendah dimana tidak banyak resiko. Jadi anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal yang  bisa menguras uang anda.

Terakhir, ikutilah acara atau workshop kewirausahaan yang diadakan di daerah Anda dan diskusilah dengan orang-orang yang sudah lebih dulu menjalankan bisnis.

Sebagian besar orang yang saya kenal yang memulai bisnis mengenal seseorang yang sudah memiliki bisnis. Temukan teman yang memiliki minat yang sama dan belajar dari mereka.

Kesimpulan

Setelah semua tahapan sudah dilalui, saatnya anda mulai terjun untuk memulai usaha, jika anda sudah terjun pasti anda bisa, karena kebanyakan orang hanya “takut”, tidak percaya diri pada kemampuan nya.

 

Artikel ini di dukung oleh Rzlfotocopy.com
Pusat Mesin Fotocopy Murah

Lihat juga

Brand Privacy

3 Cara Meningkatkan Brand Online Dengan Peduli Privasi

Tidak ada yang namanya makan siang gratis. Saat konsumen menggunakan layanan gratisan seperti Google dan …