Perbedaan dan perselisihan pendapat antara rekan kerja bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Baik di perusahaan kecil atau besar, semuanya pasti pernah mengalami konflik semacam itu dalam berbagai skala.

Namun, saat perselisihan ini makin berlarut-larut, ia akan berpotensi sebagai bahaya yang mengancam hubungan kerja Anda dan pihak yang dimaksud.

Kiat Menghadapi Perselisihan dengan Rekan Kerja

Pertama,  temukan persamaan Anda dengan rekan Anda. Berikan penekanan yang lebih pada hal-hal yang Anda berdua sepakati dan dukung. Persamaan ini mungkin adalah tujuan bersama atau seperangkat aturan untuk bekerjasama lebih baik.

Dengarlah rekan Anda. Berikan kesempatan bagi rekan Anda untuk memberitahukan opininya dan menjelaskan sudut pandangnya yang sebelumnya mungkin Anda pahami secara kurang tepat.

Jangan menentang pendapatnya, tetapi cobalah mendengar keseluruhan argumen dan ceritanya. Dengan demikian, Anda tidak akan menyulut perdebatan dan mendorong pemahaman satu sama lain.

Ajukan sebuah solusi yang sama-sama menguntungkan kedua pihak. Gunakan informasi yang sudah Anda kumpulkan untuk memberikan solusi.

Hal ini seharusnya tecermin dalam perspektifnya dan menjadi berbeda dari apa yang sebetulnya Anda pikirkan sebelumnya. (Amy Gallo/ Akhlis)