Apakah Anda sering menggesek kartu kredit untuk belanja? Apakah Anda orang yang senang belanja sesukanya? Jika iya, ini saatnya Anda berpikir ulang untuk melakukannya. Sebab tak sedikit kebiasaan menggunakan uang yang bisa membuat Anda justru mengalami kebangkrutan pribadi.

Seperti melansir laman magforwomen.com, tak jarang orang yang senang belanja tanpa berpikir atau merencanakannya terlebih dahulu. Bahkan belanja saat sedih atau terlalu senang juga bisa menguras uang di dompet dan rekening.

Hati-hati dalam menggunakan uang saat berbelanja. Agar terhindar dari kebangkrutan pribadi. Kenalilah lima kebiasaan buruk yang bisa membuat Anda kehabisan uang karena berbelanja:

Terlalu banyak membawa uang tunai

Membawa terlalu banyak uang tunai merupakan tanda pengeluaran lebih banyak. Tak sedikit orang yang dengan mudahnya tergoda untuk belanja saat tersedia banyak uang di dompet.

Anda tak akan merasa perlu membeli sesuatu jika memang tak ada uang. Sebaliknya, jika memegang uang tunai, maka akan timbul rasa untuk belanja. Kebiasaan buruk ini bisa membuat Anda bangkrut.

Pergi ke mal untuk melihat-lihat

Pergi ke mal sekadar untuk melihat-lihat tak jarang membuat Anda malah menghabiskan uang lebih banyak. Dengan banyaknya tampilan produk di mal, maka Anda akan semakin ‘lapar mata’.

Tak heran jika para konsumen bisa menggesek kartu kredit atau menguras uang tunai untuk membeli setiap barang yang menarik penglihatan. Tindakan ini merupakan salah satu pertanda buruk yang bisa bikin Anda jadi bangkrut.

Menjadi konsumen yang emosional

Setiap orang memiliki waktu saat di mana dirinya merasa sedih dan senang. Jika Anda sedang dalam keadaan emosi yang tak stabil dan mulai berbelanja, jangan kaget saat Anda akhirnya bangkrut.

Jangan emosional saat belanja, karena hal ini akan menyebabkan Anda jadi sangat boros.

Tak punya rencana pengeluaran

Banyak orang yang dengan begitu saja suka belanja. Bahkan sebagian besar tak punya rencana apa yang harus dibeli saat berbelanja.

Sebelum membeli apapun, penting bagi Anda untuk membuat rencana pengeluaran agar uang Anda tak habis percuma. Saat tak punya rencana pengeluaran, maka uang Anda akan cepat terkuras.

Mengumpulkan kupon belanja dan diskon

Belanja habis-habisan juga bisa disebabkan karena Anda memiliki banyak kupon diskon. Sembarangan menggunakan kupon tersebut bisa membuat Anda cepat kehabisan uang. (SPC/25/Liputan6)