Tidak ada seorang pemilik usaha atau entrepreneur pun yang menyukai untuk menghadapi kenyataan bahwa para pekerjanya sering keluar masuk dari perusahaan atau yang disebut dengan “turnover”.

Apalagi jika turnover itu melibatkan hilangnya tenaga kerja yang banyak berkontribusi positif dalam perusahaan. Namun, di sisi lain para pegawai Anda juga memerlukan alasan kuat untuk tetap memberikan komitmen pada perusahaan Anda.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar para pegawai tidak berpaling dan terus berkomitmen pada perusahaan Anda:

Berikan tanggung jawab

Ini akan menunjukkan pada para pegawai bahwa Anda memberikan kepercayaan pada mereka sepenuhnya. Dorong mereka untuk mempelajari ketrampilan baru.

Rekrutlah dari lingkungan internal jika memungkinkan, dan berikan promosi yang tidak tanggung-tanggung di saat yang tepat bagi karyawan yang memang pantas mendapatkannya berdasarkan prestasi atau alasan objektif lainnya.

Tunjukkan rasa hormat

Para pegawai ingin mengetahui apresiasi yang mereka dapatkan. Prioritaskan untuk menunjukkan apresiasi terhadap kinerja mereka selama ini secara teratur. Namun demikian, jangan terlalu berlebihan.

Berikan libur jika dibutuhkan

Berikan waktu ijin yang cukup jika mereka sakit, atau saat mereka harus berlibur dengan keluarga, memiliki anak yang baru lahir, dan sebagainya.

Anda boleh saja mengharapkan prestasi yang tinggi namun jangan berasumsi bahwa para pegawai bisa secara terus menerus bekerja dengan tingkat produktivitas maksimal ataupun tekanan untuk melakukannya.

Berikan jeda bagi mereka untuk beristirahat di antara proyek yang memakan tenaga dan pikiran. (*HBR/Akhlis)