Saat ini kita mungkin merasa bingung dengan berbagai istilah yang beredar di dunia startup. Ada istilah inkubator, akselerator dan co-working space. Apakah ketiganya sama atau berbeda?

Menurut Duncan Logan pendiri RocketSpace Inc. , memang ada banyak teori tentang istilah-istilah tersebut. Co-working menurut saya adalah sebuah bisnis real estat.  Di sini, entrepreneur ditawari kantor sebagai sebuah fasilitas yang bisa disewa dengan biaya yang terjangkau.

Anda bisa mendapatkan fleksibilitas dengan bekerja di co-working space. Ia sangat berguna bagi para pekerja lepas yang ingin bekerja dari mana saja, dan bagi entrepreneur yang ingin memiliki kantor fisik,”ia menerangkan.

Sedangkan inkubator lebih mengarah pada aspek esensi bisnisnya. Kata Logan, inkubator bisa didirikan sesuai dengan bidang industri yang ingin digarap, misalnya inkubator bio-teknologi.

Maka di dalam inkubator itu, ketrampilan yang dibutuhkan adalah yang relevan dengan bio-teknologi dan entrepreneur yang bergerak di bidang tersebut. Di sini pendiri startup dibantu pengelola dan staf inkubator untuk mengubah ide bisnisnya menjadi bisnis yang viable.

Bagaimana bisnis Anda akan menjadi lebih baik dengan teknologi tinggi, bagaimana ia akan memperluas cakupannya, dan bagaimana ia akan bisa bertahan di luar sana serta yang terpenting bagaimana ia akan bisa menghasilkan keuntungan. Fokus yang tinggi itulah yang membuat inkubator berbeda dan lebih efektif bagi entrepreneur yang ingin lebih maju.

Sementara itu, akselerator menurut Logan berarti tahap lebih lanjut dari inkubator. Di sini para entrepreneur dan startup mereka akan menjalani fase lebih lanjut selepas dari inkubator bisnis.

Dalam tahap ini, startup berada dalam tingkat pertumbuhan yang harus terus menerus dijaga. Startup di akselerator biasanya diperkenalkan dengan sebanyak mungkin perusahaan dan organisasi dan venture capitalist, dan akses mereka lebih dimudahkan, terang Logan.

Akselerator berguna sebagai jembatan dan fasilitator yang membuat proses kerjasama antara entrepreneur dan pihak lain yang dapat membantu perkembangannya untuk menjadi lebih efisien. (ap)