Jika Anda dapat meningkatkan tingkat interaksi dan keterlibatan karyawan dalam perusahaan Anda, Anda mungkin akan menyaksikan peningkatan produktivitas dalam sumber daya manusia Anda juga.

Dan hampir semua perusahaan bisa meningkatkan tingkat interaksi mereka jika para pemimpin:

•Bahaslah dampak perusahaan Anda, bukan hanya hasil finansial. Para pemegang saham hanya peduli dengan kinerja tetapi para pegawai seringkali lebih termotivasi oleh dampak perusahaan mereka pada dunia.

•Hargailah kepemimpinan yang menginspirasi. Berikan apresiasi pada para pemimpin yang memberikan inspirasi sebagaimana kita menghargai manajemen pekerjaan yang efektif.

Mereka yang bekerja untuk para pemimpin yang memberikan inspirasi cenderung lebih berkomitmen, lebih puas dan lebih produktif. Berikan imbalan yang pantas bagi para manajer karena sudah menaikkan persepsi masyarakat.

•Ukur kebanggaan karyawan sebagai bagian perusahaan. Apakah karyawan Anda merasa bangga dengan statusnya sebagai pekerja di perusahaan Anda?

Mengukur kepuasan pekerja tidak selalu tepat dan akurat, karena pekerja yang puas tidak selalu serta merta menyatakan kebanggaan mereka pada pihak luar.

Namun, jika seorang pekerja merasakan kepuasan dalam bekerja, tak perlu diperinttahkan atasannya pun ia akan menjadi duta bagi perusahaannya dengan bangga.

Jadi, kebanggaan yang paling tinggi bagi sebuah perusahaan bukanlah saat mensurvei banyak karyawannya merasa puas bekerja di dalamnya tetapi juga mengetahui bahwa para pegawainya menyarankan orang lain untuk bekerja di dalamnya pula. (ap)