Meskipun banyak orang yang mengeluhkan tentang kurangnya jumlah tenaga kerja yang berkualitas, satu hal yang dilakukan banyak perusahaan yang cerdas ialah memikirkan mengenai bagaimana menjaring pekerja-pekerja terbaik ini dalam pengertian yang lebih luas.

Jika Anda hanya memperbaiki kandidat yang sudah jelas untuk promosi, Anda melewatkan sekelompok orang yang tidak kalah berpotensi.

Kandidat-kandidat yang kurang dikenal ini mungkin tidak memiliki pengalaman yang relevan dalam pekerjaannya tetapi jika mereka memiliki ketrampilan kepemimpinan yang baik dan memiliki pengalaman yang diperlukan, mereka bisa sangat berguna bagi perusahaan.

Anda ingin pemimpin yang mampu mengimprovisasikan dan memandang kondisi yang ada dengan kacamata yang berbeda.

Mungkin ini artinya mempromosikan seseorang dari divisi keuangan menjadi pimpinan divisi teknologi informasi untuk menyegarkan suasana di divisi tersebut.

Atau mungkin memindahkan seseorang dari divisi legal ke posisi pimpinan bisnis karena Anda menganggapnya sebagai orang yang paling kompeten dalam bernegosiasi.

Untuk menemukan kandidat-kandidat yang tepat tetapi tidak terlalu dikenal, buatlah agar divisi personalia/SDM berfokus pada kompetensi-kompetensi kepemimpinan yang kokoh seperti ketegasan, visi misi, dan kemampuan untuk memobilisasi perubahan dan membangun tim bisnis.

Hal ini bisa membangun tim yang lebih bersemangat dalam bekerja sehingga bisa memajukan perusahaan nantinya sehingga pada gilirannya mampu menciptakan peluang-peluang baru untuk mereka yang berkinerja di atas rata-rata untuk. (Raghu Krishnamoorthy/Akhlis)