Saat ini menjadi entrepreneur merupakan dambaan setiap orang. Selain menguntungkan secara finansial, seorang entrepreneur dapat meningkatkan kesejahteraan orang lain dengan lapangan kerja yang diciptakannya.

Namun, tidak setiap orang dapat menjadi entrepreneur. Seorang entrepreneur harus dapat mengidentifikasi ceruk pasar dalam sektor tertentu dan memanfaatkannya secara maksimal.

Untuk menjadi entrepreneur, seseorang dapat mempelajarinya baik secara akademik ataupun pengalaman. Berikut beberapa kemampuan yang harus dimiliki seorang entrepreneur:

Daftar Isi

Pengetahuan pasar

Entrepreneur mengetahui keinginan pelanggan. Mereka meneliti demografi pembelian dan melihat pasar untuk produk atau jasa dengan kaca mata pelanggan. Ia bisa melihat masa depan dan menyesuaikan strategi bisnisnya untuk mengikuti tren pasar.

Ketahanan

Seorang entrepreneur sukses cenderung menjadi pemikir independen yang ulet dalam mengejar tujuan. Mereka mandiri, percaya diri dan bersemangat tentang pekerjaan mereka, bahkan di saat-saat yang buruk. Mereka memiliki keyakinan yang kuat bahkan seringkali melawan pemikiran tradisional.

Seorang entrepreneur harus menyadari potensi risiko dan cara mengatasi kegagalan. Entrepreneur adalah pekerja keras dan siap untuk melakukan pengorbanan pribadi baik dalam bentuk waktu dan uang untuk mencapai tujuan jangka panjang.

Manajemen keuangan

Seorang pengusaha secara cerdik mengatur keuangan dalam transformasi ide-ide bisnis untuk mewujudkan keuntungan. Dia tahu bagaimana mengurangi biaya, mengelola staf dan meningkatkan produktivitas. Dia juga menyimpan uang untuk investasi masa depan dalam mengembangkan bisnisnya.

Kerendahan hati

Jika dia memiliki terlalu banyak pekerjaan untuk diselesaikan, entrepreneur akan mendelegasikan tanggung jawab tersebut kepada orang lain. Jika ia membutuhkan pekerjaan khusus yang harus diselesaikan, dia akan menyewa individu terampil untuk menyelesaikan tugas tersebut.

Seorang entrepreneur juga memastikan timnya memiliki berbagai keterampilan sehingga semua area bisnis berjalan secara efisien. Dia juga akan memeriksa kekuatan dan kelemahan pesaing dan mengadaptasi model bisnisnya.

Kesadaran sosial

Seorang entrepreneur menyadari bahwa bertanggung jawab secara sosial dapat membantu perusahaannya berhasil. Melakukan kegiatan yang membantu lingkungan atau menyumbangkan keuntungan merupakan perwujudan dari sikap tersebut. (*/dari berbagai sumber)