Keputusan mengangkat penerus Anda wajarnya akan dilakukan oleh orang lain. Posisi ini bisa diberikan pada seseorang yang berasal dari dalam atau luar perusahaan.

Sebuah keinginan yang kurang sehat bagi seorang pemimpin untuk mencoba memastikan bahwa kebijakan mereka akan diteruskan oleh seorang pemimpin yang berpikiran serupa dengannya karena perubahan itu perlu dan tidak terhindarkan.

Hal terbaik yang bisa dilakukan pemimpin ialah memasukkan sebanyak mungkin orang-orang berbakat ke dalam perusahaan. Orang-orang berbakat itu dipastikan memiliki kemampuan untuk memimpin sebuah organisasi suatu saat kelak.

John Birt, Direktur Jenderal BBC periode 1992-2000, mencoba dengan keras untuk memastikan bahwa strategi perusahaannya akan berlanjut setelah masa jabatannya selesai dan bahwa penggantinya kelak adalah seseorang dari dalam lingkaran BBC yang akan melanjutkan implementasi kebijakan manajemennya.

Ia mempersiapkan rencana 20 tahun untuk BBC dan bersikeras melakukan serah terima selama 5 bulan. Penggantinya yang dipilih oleh Pimpinan dan Dewan Gubernur BBC ialah Greg Dyke, seorang kandidat dari luar BBC yang memiliki gaya kepemimpinan yang sama sekali berbeda.

Menurut pengalaman Dyke, satu-satunya hal yang dapat dipastikan saat berhubungan dengan rencana jangka panjang ialah bahwa mereka akan terbukti salah karena ada terlalu banyak variabel untuk membuatnya benar.

Kegagalan rencana strategis tidak dilimpahkan pada seseorag. Hanya saja masalahnya ialah dunia berubah begitu cepat atau dengan arah yang berbeda dari yang telah diprediksi oleh para pakar strategi.

John Birt menghendaki penerusnya adalah seseorang yang tidak akan menghentikan apa yang telah ia lakukan selama itu dan akan melaksanakan bagian pertama dari rencana 20 tahunnya.

Birt menghendaki seseorang dari dalam BBC yang akan membawa semangat ala Birt. Ia tentu tidak mendambakan seseorang seperti Dyke untuk masuk ke dalam BBC, yang mungkin saja belum pernah satu kali pun membaca rencananya.

Rebekah Wade, Eksekutif Utama Rupert Murdoch News International Ltd. dari Inggris sebelumnya bekerja sebagai seorang editor di perusahaan media koran “Sun”.

“Saya selalu mempekerjakan orang yang sangat menginginkan pekerjaan saya. Tak hanya karena semata-mata pekerjaan itu menyenangkan tetapi juga dengan sebuah keyakinan teguh untuk bisa lebih baik dari saya.

Memang saya tidak akan merasa tenang tetapi dengan menunjuk orang-orang yang sangat pandai yang menantang Anda setiap waktu, karier Anda akan cemerlang.”

Para pemimpin hanya dapat mengadopsi strategi dan kebijakan yang tampak benar bagi mereka selama menjabat sebagai pemimpin.

Merupakan sebuah kesalahan untuk berharap bahwa kebijakan-kebijakan Anda akan terus berlanjut setelah Anda tidak lagi di sana. Adalah sebuah kesalahan juga untuk berharap bahwa penerus Anda haruslah seseorang yang mirip dengan Anda.

Tidak peduli seberapa berhasilnya Anda, setiap pemimpin memiliki sebuah gaya kepemimpinan yang khas dan perusahaan mendapat manfaat dari perubahan. Para pemimpin harus merekrut para koleganya dari kaliber tertinggi sehingga perusahaan memiliki pilihan kandidat internal yang bagus untuk dipilih kelak.

Orang-orang dengan kaliber setinggi ini akan menjadi kolega yang menantang pula. Namun mereka akan membantu Anda untuk mengarahkan perusahaan menuju keberhasilan yang lebih besar.