Saat jajaran eksekutif hendak menyampaikan pesan penting atau melibatkan pekerja, mereka mengadakan rapat di balai kota atau pertemuan akbar.

Mengumpulkan setiap orang bersamaan dimaksudkan untuk menyampaikan pentingnya pesan dan mendapatkan umpan balik yang memperkaya gagasan dan ide Anda.

Namun, para pegawai sering menganggap pertemuan atau rapat semacam ini sangat tidak efektif dibandingkan rapat lainnya. Jangan menyerah untuk mengumpulkan semua staf bersamaan.

Sampaikan pesan Anda seluas-luasnya dengan menjelaskan apa yang akan dibahas dalam rapat yang patut diperhatikan oleh semua orang.

Lupakan presentasi Powerpoint yang membosankan. Gantilah dengan gaya komunikasi yang lebih interaktif dan hangat. Buatlah rapat penuh dengan percakapan bermakna yang dilakukan secara dua arah dan melibatkan orang-orang dalam perusahaan Anda dalam sebuah diskusi.

Yang terakhir, jangan dominasi panggung. Tak peduli seberapa karismatis seorang pemimpin di hadapan anak buahnya, ia akan terdengar sangat membosankan jika tidak melibatkan audiens.

Staf yang dipimpin sering menginginkan pemimpinnya untuk memberikan kesempatan pada mereka untuk mengeluarkan pendapat dalam hal kepemimpinan agar perspektif si pemimpin kembali segar dan jernih.

*) Diadaptasi dari “The Perils of the All-Employee Meeting” oleh Amy jen Su dan Muriel Maignan Wilkins