Mengelola keuangan bisa jadi rumit ketika kebanyakan orang memprioritas keuangan untuk membayar utang, menabung untuk kuliah dan dana darurat serta berkontribusi terhadap rekening pensiun.

Namun sebenarnya prioritas tersebut tidaklah rumit, asalkan Anda melakukan taktik untuk mengaturnya, mengkonsolidasi dan menghilangkan kebiasaaan belanja yang buruk.

Salah satunya dengan mengikuti tips National Simplify Your Life Week oleh BMO Harris Bank berikut ini:

Hilangkan beban yang tidak perlu

Salah satu cara termudah agar tagihan tidak mengkhawatirkan, tempatkan lebih banyak uang dalam rekening dan menghilangkan biaya yang tidak perlu. Contohnya kurangi biaya untuk sekedar nongkrong di warung kopi atau berlangganan saluran televisi premium.

Konsolidasi akun keuangan bagi pasangan menikah

Cara ini akan membuat Anda lebih mudah mengelola dan merencanakan masa depan. Anda akan mendapatkan gambaran jelas situasi keuangan dan melacak dari satu rekening ke rekening lainnya.

Otomatisasi pendapatan dan pembayaran

Ambil keuntungan dari semua alat yang tersedia untuk mengotomatisasi keuangan Anda. Misalnya setoran otomatis gaji Anda ke rekening, kemudian mengaturnya otomatis untuk membayar tagihan.

Tidak perlu khawatir, Anda bisa membayar tagihan secara online dan melakukan otorisasi manual setiap bulannya. Beberapa bank menawarkan pembayaran tagihan online yang mencakup pengingat dan menunjukkan saat terakhir Anda membayar tagihan.

Cepat melunasi kartu kredit

Selalu buat rencana segera melunasi tagihan kartu kredit untuk meminimalkan pembayaran bunga . (*/mediaindonesia.com)