Jika kita amati, banyak sekali bisnis baru yang berhasil dan sukses besar karena metode beriklan mereka yang sangat jitu dan taktis.

Namun menciptakan iklan yang berhasil menarik lebih banyak pelanggan lebih rumit daripada sekadar mengajukan ide (pitching), merangkai kata, merancang desain, dan sebagainya. Tantangan dalam pembuatan iklan yang efektif tidak sesederhana yang kita bayangkan.

Adalah sebuah hal yang hampir mustahil untuk dapat membuat sebuah iklan yang benar-benar sukses secara konsisten dan konstan di berbagai segmen, tempat, waktu, dan sebagainya.

Karena itulah, bisa dimengerti jika tidak ada satu pun agen iklan dan perusahaan, meski perusahaan multinasional dengan dana raksasa sekalipun, bisa dengan mudah menemukan formula yang tepat untuk segala situasi dan kondisi.

Singkatnya, dalam beriklan perusahaan harus mau terus bereksperimen, bongkar pasang konsep agar bisa terus memberikan hasil yang diharapkan.

Maka dari itu, jika Anda memulai sebuah perusahaan atau menjalankan sebuah bisnis yang sudah mapan dan besar sekalipun, jangan habiskan terlalu banyak uang hingga Anda telah menemukan kombinasi atau perpaduan pemasaran yang benar-benar efektif untuk bisnis Anda!

Dengan metode pemasaran apapun yang Anda sukai, Anda bisa dengan signifikan memperlebar peluang Anda untuk berhasil dengan apa yang disebut sebagai “trik pemasaran murah”.

Trik ini bisa berupa tawaran spesial bagi pelanggan baru, kupon, tawaran mencoba, acara, tawaran eksklusif, pemberian hadiah secara cuma-cuma, dan lebih banyak lagi.

Bagi bisnis kecil, beriklan dengan fokus untuk membangun pencitraan terlalu mahal dan kurang tepat guna. Fokuskan usaha pemasaran Anda sepenuhnya pada bagaimana mendorong para calon pelanggan potensial di luar sana untuk segera memanfaatkan produk atau jasa Anda. (*/Akhlis)