Online shopping alias belanja online makin marak pelaku maupun konsumennya di Indonesia. Lazada, sebagai salah satu pemain di bisnis online shopping memberikan tips singkat untuk mengembangkan model bisnis baru ini.

Sebagai informasi, Lazada Indonesia (Lazada.co.id) adalah pusat belanja online serba ada yang menawarkan berbagai produk di Indonesia, dengan beragam kategori produk seperti komputer dan laptop, handphone dan tablet, kamera, peralatan elektronik, elektronik rumah tangga, peralatan rumah tangga, kesehatan dan kecantikan.

Lazada Indonesia hadir pada Maret 2012 lalu bersamaan dengan kehadirannya di empat negara Asia Tenggara yakni Malaysia, Vietnam, Filipina, dan Thailand.

Berikut ini adalah tips-tips berbisnis online shopping menurut Rizki Suluh Adi, Vice President Marketing and Business Development Lazada Indonesia.

Perhatikan kebutuhan/keinginan konsumen

Konsumen menjadi objek yang penting dalam bisnis online. Perencanaan bisnis yang dibuat haruslah mengacu pada apa yang dibutuhkan konsumen. Hal ini dapat menyangkut pengembangan produk yang dijual ataupun perencanaan-perencanaan baru terkait strategi.

Bangun aplikasi mobile

Untuk menggaet konsumen lebih banyak lagi, pebisnis harus membangun aplikasi mobile. Hal ini seiring sejalan dengan pesatnya peningkatan pengguna layanan data via ponsel di Indonesia. Oleh sebab itu, Lazada sudah meluncurkan aplikasi mobile e-commerce bagi semua jenis platform ponsel, baik Android, dan iOS.

Berikan layanan yang berbeda

Selain melihat apa yang diinginkan pelanggan, layanan yang menarik itu penting. Selain itu tentu saja harus menawarkan harga yang terbaik.

Bangun armada distributor sendiri

Armada distribusi alias kurir menjadi satu hal yang tak kalah pentingnya. Ini penting agar konsumen melihat keseriusan pebisnis dalam mengantarkan pesanan konsumen hingga ke tujuan. (as/kontan)