Meski banyak pebisnis yang telah mengeluti usaha biro perjalanan wisata (tour and travel) namun tak membuat bisnis ini kehilangan auranya. Dengan inovasi tertentu, Anda dapat bersaing meski baru berkecimpung di dalam bisnis ini.

Berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan dalam menjalankan biro wisata:

1. Jalin kerjasama dengan beberapa tempat penginapan, pusat oleh-oleh, restoran, pusat kerajinan, serta tempat wisata. Untuk menambahkan pemasukan Anda, karena biasanya pihak tersebut akan memberikan potongan harga bagi biro jasa yang membawa tamu rombongan.

2. Usahakan untuk memiliki transportasi sendiri, misalnya untuk usaha biro jasa yang belum besar bisa memilih mini bus sebagai operasional biro jasa. Hal ini untuk mengurangi pengeluaran biaya operasional perusahaan.

3. Ciptakan paket bisnis yang menarik, misalnya paket wisata alam, wisata kuliner, wisata budaya, wisata naik gunung, serta wisata bisnis. Untuk mememenuhi permintaan wisatawan yang beragam.

4. Perluas pemasaran hingga menjangkau wisatawan internasional, Anda bisa menggunakan jaringan internet untuk memasarkan paket wisata yang dimiliki biro jasa Anda. Agar pasar Anda tidak terbatas pada wisatawan lokal saja.

5. Pilih sumber daya manusia yang memang benar-benar mengerti tentang daerah wisata yang Anda tawarkan.

7. Promosikan bisnis travel agen yang sedang Anda bangun melalui online dan offline. Online dilakukan dengan membuat website, memasang iklan pada direktori bisnis, iklan baris dan pada forum–forum travel di dunia maya.

Offline-nya bisa di lakukan dengan memasang iklan pada media cetak, menyebarkan flyer, membuat brosur dan promosi lainnya.